Resep masakan terlezat di Indonesia : Cara membuat sate ayam khas madura

loading...

Ayam merupakan bahan makanan yang paling umum yang dipakai pada masakan di indonesia. Tidak hanya di indonesia, ayam juga populer di luar negeri. Ayam dapat diolah menjadi berbagai makakan yang lezat. Ayam memang sangat populer di kalangan masyarakat, terutama anak anak. Anak anak yang terkadang suka pilih pilih makan. Ayam adalah salah satu makanan yang paling disukai anak anak. Kandungan gizi yang terdapat pada ayam sabgat baik untuk pertumbuhan pada anak anak. Bahan makanan ini kaya protein dan mineral serta vitamin. Mengkonsumsi daging ayam juga diyakini dapat mengurangi resiko kanker, mengontrol kadar kolestelor dan membantu menurunkan berat badan. Makanan kaya protein ini juga bisa menjadi rekomendasi terbaik bagi mereka yang ingin melakukan program diet sehat. Kadar gizi pada ayam, tergantung pada bagaimana kita mengelolah ayam tersebut menhadi masakan apa.

Nah, kali ini kita akan membahas tentang salah satu resep olahan ayam yang khas dari madura. Madura adalah suatu pulau yang termasuk dalam wilayah jawa timur. Madura selain terkenal dengan karaban sapinya, juga terkenal dengan kulinernya. Kuliner khas madura yang sekarang ini sudah dijual di hampir seluruh wilayah di indonesia. Kuliner ini adalah favorit masyarakat indonesia, bahkan wisatawan asing pun juga menyukai kuliner ini. Kuliner tersebut adalah sate ayam. Ayam yang dipangga dan dilumuri bumbu kacang spesial ini memang sangat digemari di Indonesia. Sensasi gosong dari panggangan di atas arang dan kelezatan daging ayam membuat makanan ini sangat populer. Beberapa wisatawan asking bahkan selalu menyempatkan diri untuk menyantap makanan ini, serial Kali berkunjung me Indonesia. Dan berikut ini resep dan cara membuat sate ayam khas madura.

Bahan bahan yang dibutuhkan:

Loading...
  • ½ ekor ayam, bersihkan kulitnya lalu potong berbentuk dadu.
  • Tusuk sate secukupnya.
  • 2 sdm margarin.
  • 5 sdm kecap manis
  • Buah jeruk limau secukupnya.

Bahan bumbu kacang:

  • Kacang tanah secukupnya, goreng terlebih dahulu.
  • 2 buah kemiri.
  • 3 siung bawang putih.
  • 5 butir bawang merah.
  • Cabai sesuai selera.

Cara membuat bumbu kacang:

  1. Siapkan penggorengan, beri minyak secukupnya lalu tunggu hingga minyak panas.
  2. Blender kacang tanah yang sudah di siapkan sampai halus.
  3. Masukan semua bumbu halus untuk bumbu kacang yang sudah di haluskan, kedalam wajan yang sudah panas. Selanjutnya masukan juga kacang yang sudah diblender ke dalam wajan.
  4. Terakhir, tambahkan kecap manis, merica dan garam secukupnya.

Cara membuat sate:

  1. Cuci bersih ayam yang sudah di potong dadu. Tusukan ayam pada tusuk sate yang sudah disiapkan. Tiap tusuk berisi 5 potongan dadu ayam.
  2. Siapkan panggangan arang.
  3. Siapkan kecap manis dan margarin, aduk hingga rata.
  4. Celukan sate yang sudah disiapkan kedalam campuran kecap margarin.
  5. Panggang sate di atas arang panas, kipas. Dan bolak balik sate sampai setengah matang.
  6. Setelang itu angkat, olesi dengan bumbu kacang yang sudah disiapkan terlebih dahulu.
  7. Panggang lagi hingga matang. Setelah itu, sajikan dengan sambal dan lontong. Hemmm, sate ayam khas madura siap disantap.
loading...
Loading...