Penyebab sering pusing! Bisa jadi itu penyakit serius, pastikan anda tidak memilikinya

loading...

Vertigo merupakan gejala di mana seseorang merasa daerah sekeliling terasa berputar putar secara tiba tiba atau melayang, hal ini terjadi ketika telinga bagian dalam mengalami gangguan keseimbangan. Sang penderita vertigo akan merasa pusing pening yang datang dan pergi pada waktu yang cepat, namun rasa sakit kepala yang dirasakan amat sangat sakit.Vertigo merupakan petujuk bahwa tonus vertibular mengalami ketidakseimbangan. Penyebab ketidakseimbangan tonus vertibular terjadi ketika hilangnya masukan parifer yang disebabkan kerusakan pada labirin dan syaraf vertibular atau bisa disebabkan kerusakan unilateral dari sel inti vestibular atau pada aktivitas vestibulocelebellar.

Selain telinga bagian dalam yang mengalami gangguan keseimbangan, vertigo juga bisa disebabkan oleh masalah yang terjadi di otak dan sumsum tulang belakang. Vertigo merupakan penyakit yang sering di derita oleh para wanita. Vertigo biasanya menyerang wanita yang berusia diatas 40 tahunan. Penyakit ini bisa sangat mengganggu sang penderita, karena rasa sakit yang sangat terasa membuat seseorang tidak bisa beraktifitas seperti biasa. Pada kasus yang parah penderita vertigo bisa mengalami mual.

Loading...

Vertigo terdiri dari dua jenis. Jenis pertama yaitu, vertigo pheriperal. Vertigo jenis ini 60 persen dialami oleh mereka yang mempunyai masalah dengan telinga bagian dalam. Lalu jenis kedua yaitu, vertigo central. Vertigo jenis ini terjadi karena adanya gangguan atau masalah di bagian otak. Bagian otak yang mengalami masalah adalah batang otak atau otak kecil, bagian otak ini membuat seseorang mengalami kesulitan dalam mengontrol keseimbangan. Penderita vertigo biasanya tidak menyadari jika sudah mengalami gangguan ini. Kebanyakan orang mengira bahwa mereka hanya mengalami sakit kepala biasa. Jadi jika anda sering mengalami sakit kepala yang amat sangat secara tiba tiba. Sebaiknya anda melakukan chek ke dokter terdekat, mungkin saja itu adalah vertigo.

Selanjutnya, akan dibahas mengenai hal terbaik yang bisa anda lakukan ketika terserang vertigo. Pertama, berbaringlah dan taruh bantal di bagian bawah kepala anda yaitu diantara perut dan bahu. Lalu menolehlah ke arah kiri jika vertigo disebabkan gangguan telinga di sebelah kirk, dan sebaliknya. Setelah itu, berbaringlah menyamping dengan posisi bantal di bawah bahu dan kepala ada di tempat tidur. Posisikan telinga yang mengalami vertigo di bagian bawah. Terakhir, menoleh ke kanan dan kiri tanpa mengangkat kepala dari tempat tidur. Lakukan latihan ini sebanyak tiga kali sehari secara teratur ya.

loading...
Loading...