5 Cara Konsumsi Cuka Apel Khusus Untukmu yang Sedang Program Diet. Ternyata Ini Rahasianya

loading...

Cuka apel sebenarnya merupakan cairan fermentasi dari buah apel. Prosesnya adalah menguraikan gula dengan menggunakan bakteri atau ragi. Dalam proses fermentasi tersebut, gula di dalam buah apel berubah menjadi alkohol, dan dari alkohol tersebut terciptalah cuka. Cuka apel memiliki kandungan asam asetat yang sangat tinggi. Zat ini merupakan komponen penting dalam cuka apel yang akan menghambat kemampuan tubuh dalam mencerna pati. Proses tersebut menjadi kunci penting dalam menurunkan berat badan secara cepat karena waktu transit makanan di lambung menjadi lebih lama.

Untukmu yang sedang menjalani program penurunan berat badan, cuka apel dirasa jadi pilihan tepat. Meski proses pembuatannya bersinggungan dengan penyebutan kata alkohol di dalamnya, tenang, cuka apel dijamin halal, kok! Nah, untukmu yang penasaran cuka apel bisa disajikan dengan apa saja, berikut Hipwee berikan resepnya untukmu.

1. Meminum campuran air putih dengan cuka apel sesaat sebelum makan

Cuka apel dan air putih via paleostarblog.com

Sebelum makan, kamu diharuskan meminum cuka apel dengan campuran air putih terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan cuka apel mengandung bakteri acetobacter saat mengalami proses fermentasi dan akan membantu menghancurkan makanan di dalam usus serta mengurangi kadar gula darah sesudah makan sekaligus menurunkan tekanan darah. Sehingga apa yang kamu makan setelahnya dapat dicerna dengan baik. Penggunannya cukup dengan mencampurkan 1 sendok makan cuka apel ke dalam segelas air putih.

2. Sebagai dressing salad. Sudah sehat, enak pula!

Dressing salad via lemoninginger.com

Dibanding dengan mayonnaise, cuka apel ternyata dinilai lebih baik digunakan sebagaidressing salad. Mengonsumsi sayur atau buah yang dicampur dengan cuka apel dapat menurunkan kadar gula pada darah sehingga mempercepat penurunan berat badan. Caranya cukup menambahkan 2 sendok makan cuka apel pada salad buah atau sayur yang sudah disiapkan.

3. Madu dan cuka apel jadi kombinasi yang pas untuk turunkan berat badan

Loading...

Cuka dan madu via livelovefruit.com

Cuka apel dan madu dinilai menjadi perpaduan yang sangat tepat untuk program dietmu. Hal ini dikarenakan fungsi cuka yang membantu menghancurkan makanan di dalam usus, dan madu yang dapat mengurangi lemak di tubuh. Caranya cukup campurkan air hangat secukupnya dengan 2 sendok makan cuka apel dan 2 sendok makan madu murni yang diminum di waktu pagi dan sore hari.

4. Minuman tonik dari cuka apel dan jus buah

Jus buah dengan cuka apel via keelings.ie

Minuman tonik yang terbuat dari jus buah asli dan dicampur dengan cuka apel sebanyak 2 sendok makan sangat baik untuk menurunkan berat badan secara cepat. Pilih jus murni (tanpa gula) yang kaya akan vitamin C agar manfaatnya optimal. Asam asetat yang terkandung di dalam cuka apel akan merangsang pembakaran lemak dalam tubuh. Caranya cukup tambahkan 2 sendok makan cuka apel pada jus buah yang sudah dibuat.

5. Ngemil roti jadi nggak merasa bersalah jika dicampur cuka apel

Ngemil roti ditambah cuka apel via www.wakeupthinner.website

Untuk menahan lapar di sela-sela jam makan, kamu bisa mengonsumsi roti bersama dengan cuka apel yang bisa membuat sensasi kenyang lebih lama dibandingkan hanya mengonsumsi roti saja tanpa cuka apel. Dengan begitu, rasanya nggak begitu bersalah ya ngemil roti begini.

Cuka apel tidak disarankan dikonsumsi tanpa campuran apapun, hal ini dikarenakan kadar keasaman cuka apel sangat tinggi sehingga dapat merusak gigi, menyebabkan sakit tenggorokan dan membuat lambung jadi iritasi. Dengan beberapa cara mengonsumsi cuka apel di atas, kini program diet bisa dilakukan dengan cara yang lebih masuk akal.

loading...
Loading...