Hasil SEA Games 2017, 10 Pemain Indonesia Tahan Vietnam

loading...

Indonesia bermain imbang 0-0 dengan Vietnam pada lanjutan laga Grup B SEA Games 2017 di Stadion Selayang, Selangor, Malaysia, Selasa (22/8/2017).

Pada laga ini, Garuda Muda harus bermain dengan 10 orang sejak menit ke-62 setelah Hanif Sjahbandi mendapat kartu merah atas pelanggarannya terhadap pemain Vietnam.

Pada awal-awal laga, kedua tim sama-sama mencoba untuk menekan sejak awal. Namun, setelah itu, Vietnam lebih banyak menciptakan peluang.

Indonesia melakukan serangan via variasi Septian David Maulana, Febri, dan Yabes Roni. Namun, usaha mereka selalu dimentahkan oleh para pemain Vietnam.

Selanjutnya, giliran Vietnam yang melakukan ancaman. Beberapa kali pergerakan Nguyen Van Toan di sisi kiri pertahanan Indonesia merepotkan Hansamu Yamu dkk.

Vietnam mendapat peluang dua kali dari tendangan pojok, tetapi masih bisa diantisipasi dengan baik oleh barisan pertahanan Indonesia dan kiper Satria Tama.

Pasukan Nguyen Huu Thang kembali mendapat peluang terbuka. Mendapat ruang tembak, pemain Vietnam melakukan tendangan dari luar kotak penalti, tetapi masih menyamping di sisi kiri gawang Indonesia.

Indonesia masih belum bisa keluar dari tekanan Vietnam. Pada menit ke-26, Vietnam mendapat peluang emas.

Bermula dari akselerasi Nguyen Van Toan di sisi kiri pertahanan Indonesia, bola kemudian diumpan ke tengah. Namun, pemain depan Vietnam kurang cermat menyambut sehingga bola bisa ditangkap dengan baik oleh Satria Tama.

Pada menit ke-30, Indonesia mendapat tembakan tepat sasaran via Septian David Maulana. Mendapat ruang setelah mengecoh pemain lawan, Septian David melakukan tendangan, tetapi masih bisa ditepis oleh kiper Vietnam, Phi Minh Long.

Sekitar menit ke-40, Indonesia mendapat peluang dari sepak pojok. Bola diarahkan ke jantung pertahanan lawan, tetapi masih bisa diantisipasi oleh bek Vietnam.

Selanjutnya, akselerasi Febri Hariyadi dilanggar oleh pemain Vietnam yang berujung kartu kuning bagi sang pemain.

Jelang pertandingan babak pertama berakhir, Vietnam mendapat peluang via sundulan. Beruntung, Satria Tama masih bisa menepis bola.

Setelah itu, tak ada gol yang tercipta. Babak pertama pun berakhir dengan skor 0-0.

Pada awal babak kedua, Rezaldi Hehanusa sempat mendapat perawatan medis karena dilanggar atau diinjak oleh pemain Vietnam. Beruntung, pemain asal Persija Jakarta itu masih bisa melanjutkan pertandingan.

Pada menit ke-52, Hanif Sjahbandi mendapat kartu kuning karena melanggar pemain Vietnam. Setelah itu, Luis Milla menarik keluar Ezra Walian untuk memainkan Marinus Wanewar.

Loading...

Vietnam mendapat peluang pertama pada laga ini. Nguyen Cong Phuong melewati beberapa pemain Indonesia. Di dalam kotak penalti, ia melepaskan tendangan dengan kaki kanan. Beruntung, Satria Tama masih bisa menepis bola.

Pada menit ke-62, Garuda Muda harus bermain dengan 10 pemain karena Hanif Sjahbandi mendapat kartu merah (kartu kuning kedua) setelah melakukan pelanggaran terhadap pemain Vietnam.

Dalam tayangan ulang, terlihat memang Hanif “terkesan” melakukan pukulan terhadap pemain lawan.

Setelah itu, Indonesia kembali mendapat ujian setelah kiper Satria Tama harus ditarik keluar karena mengalami cedera. Dia pun diganti oleh Kurniawan Kartika Ajie.

Vietnam sempat membobol gawang Indonesia pada menit ke-70, tetapi dianulir karena pemain dalam posisi offside.

Unggul jumlah pemain, Vietnam terus mengancam gawang Indonesia. Beberapa kali percobaan Ho Tuan Tai dkk merepotkan pertahanan Garuda Muda.

Berikutnya, Luis Milla memasukkan Asnawi Mangkualam untuk menggantikan Septian David Maulana.

Pada tambahan waktu babak kedua, Kartika Aji melakukan penyelamatan gemilang setelah berhasil menepis tembakan pemain Vietnam di depan gawang Indonesia.

Setelah itu, sisa waktu pertandingan tak mampu dimanfaatkan kedua tim untuk mencetak gol. Laga pun berakhir dengan skor 0-0.

Dengan hasil ini, Indonesia tertahan di posisi ketiga klasemen sementara dengan koleksi delapan poin, tertinggal dua angka dari Vietnam dan Thailand.

Vietnam memimpin klasemen dengan koleksi 10 poin dan surplus 11 gol, unggul lima gol dibandingkan Thailand.

Dengan demikian, Indonesia (+4) butuh kemenangan minimal dengan selisih tiga gol agar bisa memastikan lolos ketika menghadapi Kamboja pada laga pamungkas, Kamis (24/8/2017).

Susunan pemain:

Vietnam (4-4-2): Phi Minh Long; Hoang van Kanh, Bui Tien Dung, Vu Van Thanh, Doan Van Hau, Luong Xuan Truong; Nguyen Van Toan, Nguyen Cong Phuong, Do Duy Manh; Nguyen Phong Hong, Ho Tuan Tai

Pelatih: Nguyen Huu Thang

Indonesia (4-2-3-1): Satria Tama; Putu Gede, Andy Setyo, Hansamu Yama, Rezaldi Hehanusa; Hargianto, Hanif Sjahbandi; Yabes Roni, Septian David, Febri Haryadi; Ezra Walian

loading...
Loading...